Eh kamu dateng lagi, Ramadhan.

Marhaban ya Ramadhan. Alhamdulillah gue masih dikasih kesempatan sama Allah buat ketemu dengan bulan yang penuh berkah ini, yaitu bulan Ramadhan. Bulan dimana kita melaksanakan ibadah puasa bagi umat muslim. Nah ngomong-ngomong puasa, untuk puasa kali ini menurut gue gak ada tantangannya. Karena gue gak punya aktivitas apa-apa, gak kaya tahun-tahun lalu. Tahun-tahun lalu biasanya pas bulan puasa gue masuk sekolah, dan untuk tahun ini gue udah lulus jadi lagi nunggu masuk kuliah. Bete juga masuk kuliah masih lama, sekitar bulan september. Yang bikin tambah bete itu adalah tidak ada pemasukan pendapatan sama sekali, gue bokek vroh. Dapet duit kalo lagi keluar aja, itu juga gak banyak. Nah, karena lagi bulan puasa, pasti ada acara buka bersama. Entah kenapa setiap tahun pasti jadwal buka bersama gue padet banget, bukan mau sombong, tapi ya gitu deh. Dari buka bersama SD, SMP, SMA, temen main, sampe temennya temen gue yang gak begitu gue kenal. Karena buka bersama itu membutuhkan uang sedangakn gue gak punya pemasukan, gue suka kebingungan sendiri. Kalo gue nolak salah satu acara dibilang sombong lah, lupa sama temen lah, sungguh penuh drama dalam kehidupan ini. Tapi dengan adanya buka bersama di bulan puasa ini, gue bisa ketemu sama temen-temen yang udah lama gak gue temui, kita yang udah gak saling deket, bisa jadi deket lagi. Masih ada lagi nih perbedaan bulan puasa tahun lalu dengan tahun sekarang. Kalo tahun lalu ada yang ngucapain selamat berbuka dan bangunin sahur, tapi untuk tahun ini udah gak ada tuh yang ngucapin kaya gitu selalin presenter-presenter di acara tv. Menurut gue itu bukan suatu masalah besar yang harus diratapi dengan kesedihan yang mendalam, cukup di 'oh-in' aja. Ada bulan puasa pasti ada lebaran, puncaknya kemenangan untuk umat muslim, Idil Fitri. Idul Fitri atau lebaran ini biasanya identik dengan sesuatu yang baru, mulai dari hati yang baru sampai baju yang baru. Nyokap gue udah bawel banget ngajakin gue buat belanja baju lebaran. Please deh mah, apa wajib beli baju baru saat lebaran? Dengan mentah-mentah gue tolak ajakan nyokap gue itu, gue sama sekali gak minat untuk beli baju baru. Tahun lalu saat tepat dihari lebaran, sepulang solat Idul Fitri, gue cuma pake celana kolor pendek dengan atasan kaos yang udah belel. Nyokap gue marah-marah liat penampilan gue yang biasa aja saat lebaran, "de kok baju lebarannya gak dipake sih?" gue jawab aja "males mah". Kalo gue liat diluar negri, gak ada tuh setiap lebaran harus pake baju baru, cuma di indonesia aja yang kaya gitu. Kalo gue sih lebih memaknai hari lebaran ini dengan sederhana, intinya gue jadi manusia yang baru, ya gue mau jadi manusia yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Eh tapi kalo elo elo pada mau beli baju lebaran, silahkan aja kok gue gak ngelarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar